11 Desember 2007

Eyang Kakung I I Miss U

Minggu, 7 Desember 2007

Sejak gw nongol di bumi ini, dari yang tadinya Cuma bisa merangkak, sampai akhirnya bisa lari-lari kesana-kemari sambil koprol dari belakang ke depan, depan ke belakang, gw belum pernah ketemu dengan orang tuanya orang tua gw, maksudnya kakek gw. Karena emang dari kecil gw gak pernah ngerasain kasih sayang dan bijaknya seorang kakek, karena kakek gw itu udah meninggal sebelum gw lahir.

Sewaktu SMP gw pernah main ke tempat teman gw, disana gw ketemu sama kakeknya temen, yang kebenaran pada waktu itu emang baru datang dari jawa. Kakek temen gw itu antusias banget waktu ketemu gw, karena dia bisa cerita tentang masa mudanya dulu, yang selalu berpindah-pindah, dan waktu seumuran gw dia udah ikut tentara pelajar buat perang melawan penjajah. Dari cara dia cerita yang antusias, dan tutur katanya khas banget orang tua yang bijak, gw sampai ngerasa beliau kakek gw sendiri, padahal gw ama sama si kakek temen gw itu baru aja ketemu. Dan sejak itulah gw merasa rindu akan kehadiran seorang kakek.

Gw emang gak beruntung, karena gw belum pernah sekalipun ketemu sama kakek gw itu. Baik kakek dari garis bokap maupun nyokab, keduanya sama-sama menghadap ke Maha Kuasa saat gw belum lahir bahkan sebelum bokap dan nyokab gw ketemu,dan memutuskan untuk menikah.

Dari cerita bokap, nyokap,serta saudara-saudara. Gw mengenal sosok kakek gw semasa hidupnya. Kakek dari nyokab gw adalah tipe seorang ayah yang sangat-sangat sayang sama anak-anaknya, bahkan sama saudara-saudaranya terutama adik-adik dari istri atau nenek gw itu. Adik nenek gw yang kebeneran saat itu masih kecil, ditampungnya dan di biaya sekolahnya, padahal waktu itu kakek gw punya anak 7 orang, dan beliau sendiri hanya kepala Dinas Pengairan Pemerintah Daerah Mojokerto yang gajinya gak seberapa besar.

Walaupun Cuma Pegawai Negri, dengan gaji yang pas-pasan kakek gw itu gak pernah yang namanya KKN. Padahal kalo saja beliau mau, mungkin sekarang warisan dan tanahnya ada dimana-mana, karena teman-teman beliau yang notabenenya adalah bawahannya, bisa mengasih warisan yang menurut ukuran saat ini cukup besar kepada anak cucunya. Beliau juga termasuk orang yang sangat berbakti kepada orang tua, gak peduli walaupun Cuma mertuanya.

Ada suatu cerita yang bikin gw kagum sama bapaknya nyokab gw itu. Dulu saat bapak dari istrinya (kakeknya nyokab) meninggal, kakek gw nangis sampai nyembah-nyembah ke ibu mertuanya (nenek Nyokab) agar bapak mertuanya itu bisa di kuburkan di Mojokerto, tujuannya supaya dia bisa ngerawat makamnya, karena kalo dikubur di daerah asalnya,Kroya, kakek gw takut gak ada yang ngerawt terus terlupakan, alasannya di Kroya itu gak ada siapa-siapa, Cuma ibu mertuannya yang praktis akan tinggal sama anak-anaknya nanati. Hmm padahal itu Cuma bapak mertuanya. Dan akhirnya saat kakek gw meninggal, beliau dimakamkan bersebelah sama bapak mertuanya yang ia cintai itu.

Dari cerita om gw juga dapat cerita bahawa kakek gw itu juga suka banget yang namanya kesenian, khususnya Ludruk, buat nonton Ludruk beliau rela jauh-jauh datang, walaupun itu Cuma nonton sendiri. Persis kayak gw yang suka nonton di Bioskop sendirian. Sampai di bilang sama temen-temen gw ini maniak film. Padahal gak gitu-gitu amat sih, gw Cuma suka aja sama film-film yang ceritanya bagus, kalo ada waktu dan duit ya gw nonton,kalo gak ya udah gak jadi masalah. Dan juga kalo gw nonton bareng temen gw pasti yang ada mbulet,sampai akhirnya gak jadi.

Kalo Kakek dari bokap, gw gak dapat cerita banyak dari bokap gw. Tapi, setau gw kakek dari bokap gw itu pekerjaanya adalah sekertaris desa, yang paling mengabdi sama pekerjaanya, dan beliau ingin anak tunggalnya yang gak lain adalah bokap gw, supaya bisa kuliah di UGM. Ya, walaupun belum sempat keinginanya terwujud beliau udah keburu meninggal dan bokap gw juga gak jadi kuliah di UGM sesuai kinginan almarhum ayahnya

Walupun gw gak sempet ketemu sama kakek-kakek gw tersebut, tapi gw bangga sama mereka. Walaupun bukan pahlawan, mereka adalah kepala rumah tangga yang paling baik dan paling bertanggung jawab serta mencintai anak-anak, bahkan saudara-saudaranya. Suatu sifat yang belum ada dalam diri gw dan ingin gw tiru sampai saat ini.

0 Komentar:

Posting Komentar

Siapun boleh ngehina gw.Termasuk loe

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Siapa Sih Lo...
Foto Saya
Nama:
Lokasi: jakarta, jakarta selatan, Indonesia

Saya..Pemuda yang beranjak 17 tahun..Gak Percaya? Cek aja KTP saya...


Chat to me


Contact

E-mail :setyoprihadi@yahoo.com
FBGaptek
IM:Tyo_saksi@yahoo.com

 


Catatan Gw Yang Terbaru

Tyo dan Dunia Sekitarnya

Plurk Tyo



Hinalah Aku



Mampir-mampir juga ke
Aca Aja
Benazio
Boditea
Danang
My Boss
Adekezia
Bajay Gaul
Bani Teramat biasa
Cumi cungkring
Dimas gak keren
Kampung Bisnis
Ke Nezz
manusia Juli
Meisha
Marlina si Vanila
Mellovegood
Ms Dudul
Nia Collorfull
Raja Upil
Rival Blog
Anak Patung pancoran
Risa yang katanya Cadel
Ridu blog
si buntel
sumber bagi juve mania
Tomat pitak
dimas novri
Zeta blogcomic
zonanya Bociel
Ayu Hanafiah
Ika-hardy
Ipied Gokil
paams blog
popok bekas
Phiee Blog
smaragdina
Harry-dunia maya
angga angelina
Maroon sanctuary
Qempes makan pepes
dede fortinmart
Om Tando-wi-yahya
Mrs Anna blog
Slugger
Unni Hyori penguasa 4 bahasa
Boim LeBon
Puzzy
Orang Plinplan NRL
Nico Wijaya
Qyusha Ha..ha.ha
Roy Si Katak
Tante Nindya
T C
Raka Sunny
Mike
Amaterasu
Beruang Gila
Perih Cahaya
Aisha
Aluna kantong ajaib
Isma
Nia rama
The Amstrong
Ahead
Weni na aca
Elric Sister
presyprezl
ecangcut
chiee si wanita perkasa
Nana Blog
Gytha Cireng
Agrit
MAudi yg senang ditabok
Unee
Chal The Kotak surat man
Aii Imoet (yakin?)
Uchi Autish
BAniDotCom
Tante eucalyptus
The Pokari team
Sapi Bunting
Shabrina
Shiinn
The Pokari team
renal
Mas Antown
Lyn
Catatan Si Bebek
Raida Zona Teknologi
Adhini
FiZI
Maryah
dee Adp
ahmad kadalisme
The Story Of Adya
Natan natan
Alya Ajah
Catatan Kodok
Inda bukan Indah
Jovie
Baby Pianist
Shely Blog
Yuni Blog
Vian Blog
Shinta Lutung
Adhie132
Budiero
Kiki perempuan Iseng
Oktasihotang
Lyuth Blog
Alia Blog
Kita Blog Bali(adhi & Satria)
Mama Dio (gadis beranak satu)


Komen yang udah-udah
Ini adalah blog yang membuat anda menyesal datang ke sini