26 Desember 2007

Mama...

“Surga ditelapak kaki ibu”.”Kasih ibu sepanjang masa”. Itulah ungkapan yang udah gw sering denger, dan begitu mengena banget, karena emang yang gw rasain kasih sayang ibu gw ke anaknya ini gak akan pernah berhenti sedetik pun, walaupun gw sekarang udah segede gajah gini ,gw tetap ngerasain kasih sayang ibu gw gak pernah berkurang sedikit pun.

Gak usah ngebayangin terlalu jauh ke belakang betapa sakitnya ibu gw itu waktu ngelahirin gw,yang gak main-main taruhannya.nyawa men!. Sekarang aja gw udah bisa ngerasain betapa sampai harus jumpalitannya ibu gw ngerawat gw dan adik-adik gw hingga saat ini. Masih ingat dalam memori gw, ketika awal-awal masuk kuliah, gw dan nyokab harus muter-muter Jakarta buat nyari Universitas yang murah tapi berkualitas. Ibu gw gak segan-segan harus ke ujung berug Jakarta buat nyari info kuliah tersebut. Karena menurut ibu gw, sesulit apapun keuangan keluarga, gw yang anak laki satu-satunya harus mentas alias berhasil meyelesaikan pendidikan, yang dimata orangtua gw mengantarkan anaknya menjadi sarjana, berarti keberhasilan mereka menjadi orangtua.

Tapi berhasil mendapatkan universitas yang Murah dan ‘berkualitas’, bukan berarti jalan mulus akan dilalui, justru jalan terjal dan berliku harus gw hadapin selama kuliah .Gw masih inget banget nyokab gw sampai nangis-nangis ke tetangga buat pinjem uang Cuma supaya gw dapet ongkos jalan ke kampus, karena emang pada waktu itu kiriman dari bapak gw gak menentu datangnya, bapak gw kerja di kapal pesiar yang selalu di laut dan kalo pulang ke Indonesia hanya 7 bulan sekali. Belum lagi kebutuhan kedua adik gw yang masih sekolah. Ibu gw memang orang yang super, walaupun badannya kurus kering karena begitu banyak masalah yang beliau hadapin. Bayangin, ibu gw selain jadi seorang ibu juga merangkap kepala rumah tangga.

Ibu benar-benar jadi ibu sejati buat gw, beliau gak pernah mengeluh sedikitpun membesarkan ketiga anaknya tanpa di dampingi suami disisinya. Pdahal ketiga anak-anak ini termasuk ana-anak badung yang suka nyusahin ibunya. Tapi ibu gw itu tetap tersenyum dan tabah menghadapinya. Ibu selalu ngasih pengertian mengenai keadan keluarga kita, Makanya gw sama adik-adik gw gak pernah merasa sedih atau malu, kalo ngeliat temen-temen gw di dekat rumah bisa berlebaran bersama keluarganya. Karena bapak gw belum tentu pulang pas lebaran,begitu juga dengan kiriman uangnya.jadi lebaran bersama bapak gw, menjadi sesuatu yang amat mahal buat keluarga gw. Karena belum tentu setahun sekali kita berkumpul bersama-sama dengan lengkap.

Ah sekarang gw merasa menyesal sekali ketika mengingat kejahilian masa lalu gw. Ada satu hal yang membuat gw sampai sekarang dibuatnya menangis. Waktu itu Ibu gw pernah sakit keras dan kehilangan kesadarannya. Beliau sampai gak mengenal siapa-siapa, diajak bicara pun hanya diam saja. Tubuhnya yang kurus dan tatapannya yang kosong membuat gw makin dan semakin merasa bersalah waktu itu. Gw seperti anak yang durhaka dan gak tau diri. Ya Allah,ampunilah ibuku.Saat-saat itu gw seperti merasa gw akan dipisahkan sama ibu, penyesalan dan penyesalan selalu menghampiri gw kalo ibu bener-bener dipanggil sama yang Maha Kuasa. Apa yang udah diberikan gw sama ibu ?apa gw udah minta maaf dan gw di maaf kan sama ibu gw ?menangis gw waktu itu.

Setiap shalat pun gw selalu berdoa “Ya Allah jangan ambil nyawa ibuku,jangan dahulu Ya Allah, Hamba masih ingin membaktikan kepada orangtua hamba”. Benar kata orang penyesalan selalu datang belakangan dan emang dasarnya manusia giliran susah baru ingat Tuhannya. Tapi Allhamdullilah gw masih sempet melihat dan berbakti kepadanya sampai hari ini. Dan gw berjanji pada diri gw sendiri agar orang tua atau paling tidak salah satu dari mereka bisa menunaikan Ibadah Haji.amien. kalo diingat-ingat waktu itu masalah emang lagi berat-beratnya, apalagi ibu gw termasuk orang yang suka menyimpan masalahnya sendiri.sehingga ketika masalah berat dan memuncak beliau sakit keras..”ibu betapa kau sangat meyayangi kami sampai-sampai masalah yang demikian berat kau simpan sendiri, agar anak-anakmu tidak ingin ikut merasakan kesedihan ini “.

Rasulku pernah ditanya oleh seorang sahabat “ Siapa yang harus aku hormati Ya Rasul?”. Dan Rasul menjawab “ Ibumu”. Lalu sang sahabat bertanya lagi “lalu?”. Rasullah tetap menjawab “Ibumu”.pertanyaan dan jawaban itu terus diulang sampai tiga kali, hingga baru dijawab “bapakmu”.

“Gw gak pernah malu dibilang anak mami. Beruntunglah kalo ada yang bilang loe anak mami. Karena berarti loe akan terus selalu diberkati sama nyokab loe” (Bams “Samsons”)

“ Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku ketika aku masih kecil”

Antara Purwakarta dan Cirebon.22 Desember. Untuk Hari Ibu.

0 Komentar:

Posting Komentar

Siapun boleh ngehina gw.Termasuk loe

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Siapa Sih Lo...
Foto Saya
Nama:
Lokasi: jakarta, jakarta selatan, Indonesia

Saya..Pemuda yang beranjak 17 tahun..Gak Percaya? Cek aja KTP saya...


Chat to me


Contact

E-mail :setyoprihadi@yahoo.com
FBGaptek
IM:Tyo_saksi@yahoo.com

 


Catatan Gw Yang Terbaru

Tyo dan Dunia Sekitarnya

Plurk Tyo



Hinalah Aku



Mampir-mampir juga ke
Aca Aja
Benazio
Boditea
Danang
My Boss
Adekezia
Bajay Gaul
Bani Teramat biasa
Cumi cungkring
Dimas gak keren
Kampung Bisnis
Ke Nezz
manusia Juli
Meisha
Marlina si Vanila
Mellovegood
Ms Dudul
Nia Collorfull
Raja Upil
Rival Blog
Anak Patung pancoran
Risa yang katanya Cadel
Ridu blog
si buntel
sumber bagi juve mania
Tomat pitak
dimas novri
Zeta blogcomic
zonanya Bociel
Ayu Hanafiah
Ika-hardy
Ipied Gokil
paams blog
popok bekas
Phiee Blog
smaragdina
Harry-dunia maya
angga angelina
Maroon sanctuary
Qempes makan pepes
dede fortinmart
Om Tando-wi-yahya
Mrs Anna blog
Slugger
Unni Hyori penguasa 4 bahasa
Boim LeBon
Puzzy
Orang Plinplan NRL
Nico Wijaya
Qyusha Ha..ha.ha
Roy Si Katak
Tante Nindya
T C
Raka Sunny
Mike
Amaterasu
Beruang Gila
Perih Cahaya
Aisha
Aluna kantong ajaib
Isma
Nia rama
The Amstrong
Ahead
Weni na aca
Elric Sister
presyprezl
ecangcut
chiee si wanita perkasa
Nana Blog
Gytha Cireng
Agrit
MAudi yg senang ditabok
Unee
Chal The Kotak surat man
Aii Imoet (yakin?)
Uchi Autish
BAniDotCom
Tante eucalyptus
The Pokari team
Sapi Bunting
Shabrina
Shiinn
The Pokari team
renal
Mas Antown
Lyn
Catatan Si Bebek
Raida Zona Teknologi
Adhini
FiZI
Maryah
dee Adp
ahmad kadalisme
The Story Of Adya
Natan natan
Alya Ajah
Catatan Kodok
Inda bukan Indah
Jovie
Baby Pianist
Shely Blog
Yuni Blog
Vian Blog
Shinta Lutung
Adhie132
Budiero
Kiki perempuan Iseng
Oktasihotang
Lyuth Blog
Alia Blog
Kita Blog Bali(adhi & Satria)
Mama Dio (gadis beranak satu)


Komen yang udah-udah
Ini adalah blog yang membuat anda menyesal datang ke sini