9 Desember 2008

Arti Idealisme?


“Emang idealisme itu apa?” “Sampai sejauh mana loe pertahanin idelasime loe,?”

Pertanyaan klise yang sudah sering banget ditanyakan sama setiap orang ke diri gue. Dan sumpah, sampai saat ini gue gak ngerti yang namanya idealisme dalam arti sebenarnya. Karena setiap orang yang berkoar-koar tentang idealisme di depan gue, belum menunjukan kualitas idealisme sesungguhnya. Begitu menurut gue.

Ada tiga cerita yang bikin gue berbeda pandang tentang prespektif IDEALISME.

Cerita pertama ini, mungkin udah lawas untuk diungkapkan. Akan tetapi, paling ‘gak cukup berbekas di pikiran dan hati gue.

Namanya Dodi, umurnya sekira 25 tahun, dan belum lulus dari kuliahnya di universitas swasta bidang IT.

Dia cukup lama bekerja menjadi pegawai honorer di instasi pemerintah yang menurut kebanyakan meeupakan lahan basah. Pekerjaanya yang baik dan rapi, membuat dia di sukai oleh banyak kalangan. Tidak heran, pengangkatannya sebagai karyawan PNS tinggal selangkah lagi.

Namun, sehari menjelang pengumuman itu, dia tiba-tiba mengundurkan diri dari instasi pemerintah yang diidamkan oleh banyak pencari kerja di Indonesia.

“Kenapa harus berhenti. Loe diangkat jadi PNS, halal kok, bukan karena nepotisme, hal yang loe junjung tinggi itu,” tanya gue heran ketika itu.

Sambil tersenyum, dia menjawab, “Ya, gue emang akan diangkat jadi PNS itu halal. Tetapi kita musti ingat. Lingkungan sekitar gue penuh dengan praktek KKN. Gue gak bisa menutup mata terhadap hal itu,”

“Ah, gue yakin loe bisa pertahanin iman loe dari sifat-sifat yang kayak gituh. Loe pasti bisa, bro,”

“Ah sapa yang bisa menjamin. Sekarang gue bisa nolak duit jutaan atau bahkan puluhan juta. Tapi entar. Saat gue berkeluarga, dan banyak kebutuhan yang mesti gue penuhin. Jangan-jangan duit 20 ribu aja bisa gue embat,” jelasnya tegas.

Dan gue pun tertegun.

Cerita yang kedua, tentang teman SMP gue, yang baru-baru ini ketemu di situs jejaring sosial Facebook. Sebenarnya gue cukup senang dengan pertemuan gue dengan Thia (sahabat gue itu)di dunia maya. Apalagi Thia, merupakan sahabat karib dan gokil di masa masih memakai seragam putih biru ituh.

Hal yang gak bisa dilupakan tentang Thia. Dia penggemar berat Rancid, grup band punk rock cadas. Penampilannya yang berkacamata dengan potongan rambut pendek, serta pendiam. Thia menyimpan sisi ‘lain’.

Sampai suatu saat, saat gue melihat foto-fotonya di ‘muka buku’ tersebut. Gue terperanjat, Thia, si gadis lugu itu, tubuhnya kini penuh dengan tato. Sangar. Walaupun belum bertemu selama hampir 8 tahun lamanya. Dia telah jauh-jauh berubah. Sisi pemberontaknya, nampaknya telah keluar. Terjerumus idealisme?

Dan gue pun tersenyum.

Cerita terakhir, kita sebut saja namanya Mr F.

Sejak lama, gue berteman dengan Mr F, tetapi sejak itu juga kepribadian kita yang bertolak belakang sering dipaksakan. (oke gue tahu, kesannya kayak homok..Tapi sumpah, gue bukan homok).

Saat kepergiannya dari kantor, tempat kita bahu-membahu dalam bekerja. Dia berkoar-koar tentang penilainnya terhadap gue yang telah melepaskan idealisme, demi beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Sampai suatu saat setelah kepergiannya dari tempat kerja gue yang lama.

“Yo, katanya di situ ada yang keluar yah?, tadi gue masukin lamaran. Kira-kira ada peluang lagi gak ya?,” tanya si Mr F itu.

Dan gue hanya bisa mengelus dada.

Ah kawan, sampai saat ini gue pun gak tahu apa itu idealisme. Mungkin, dari kawan sekalian ada yang bisa membantu. Pertanyaannya sih simple “Apa sih idealisme itu,?”



Sudahlah jadi merancau begini,



Salam Tyo Gaptek

Label: ,

24 Komentar:
Pada Rabu, Desember 10, 2008 , Blogger Fei mengatakan...

gila yah ni orang, mendadak ilang kayak setan, tiba-tiba dateng dengan baNyak tulisan, degan kursi pekerjaan baru, gue sapa di YM gak pernah digubris, gak pernah main ke tempat gue, eksis bener sibuknya. so welcome back boi!!!! how u doing?

any way idealisme? buat gue ABSTRAK.......

 
Pada Rabu, Desember 10, 2008 , Anonymous Anonim mengatakan...

idealisme yah? hmmm itu roti tawar di oles mentega trus ditaburi meses bukan sih? bukan yah... trus apa dunk.. ahhh pasti idealisme tuh bakso daging kambing isi keju yah... nikmat skali.. dan terlalu berat untuk dikonsumsi

 
Pada Rabu, Desember 10, 2008 , Blogger Bani Syahroni mengatakan...

aduh, bahasanya terlalu berat!

 
Pada Kamis, Desember 11, 2008 , Blogger Ucing! mengatakan...

berat dahhh.. ! ehuehue
eyang smbong nih ahah.

 
Pada Sabtu, Desember 13, 2008 , Blogger Quchie mengatakan...

wah.. masalah idealisme.. berat eeuuyy.. ga keangkat.. --''

 
Pada Minggu, Desember 14, 2008 , Blogger harunsaurus mengatakan...

menurut gw idealisme itu keadaan yang ideal menurut si pemilik ide tersebut dan dia berusaha mewujudkan keadaan itu.

idealisme itu berat dan belum tentu berujung indah. atau mungkin indah pada akhirnya, tapi gak semua orang punya kesempatan merasakan indahnya keberhasilan idealisme. lebih banyak yang mati, fisik atau semangatnya, sebelum idealismenya itu terwujud.

 
Pada Minggu, Desember 14, 2008 , Anonymous Anonim mengatakan...

idealisme mungkin terdiri dari 2 kata : ideal & isme. Terjemahan bebasnya paham tentang kondisi ideal. Misalnya ketika harga bbm menggila & stok bbm menipis, IDEALnya ya gak usah naik mobil / motor lah kalau gak perlu-perlu amat. He...he, dan manusia2 idealis adalah manusia2 yg mengerti betul idealisme itu dan berani mengambil langkah yang tidak umum untuk memperjuangkan idealismenya. Saya rasa, setiap orang terlahir sebagai seorang idealis. Hanya fokusnya berbeda-beda. Pusing? Saya aja bingung barusan ngomong apa.

Lam kenal!

 
Pada Minggu, Desember 14, 2008 , Blogger Lynn mengatakan...

well, gue sendiri gak pernah ngerti arti idealisme serta orang yang idealis itu apa~

 
Pada Senin, Desember 15, 2008 , Blogger Unknown mengatakan...

teman2 mu lucu2 ya..heheh...maksudnya ceritanya...
idealis???
apaan tuch??
au ah, ga ngerti...

 
Pada Selasa, Desember 16, 2008 , Anonymous Anonim mengatakan...

hohohoooo
kunjungan neh tyo, dah lama ga mampir kesini..
*minta air putih dong, capek neh :)

 
Pada Rabu, Desember 17, 2008 , Blogger ^NiaRama^ mengatakan...

idealisme???
jd diri sendiri ja dah!!

 
Pada Jumat, Desember 19, 2008 , Blogger dee mengatakan...

idealisme? ntah ya tyo.. mungkin ketika pola pikir lo terbentur suatu hal yg udah lo percayai slama ini. menurut gue idealisme itu berkaitan dgn hal prinsipil. dan itu penting biar lo ga gampang terbawa arus.. tp hr gini, idealisme kebablasan juga ga bs dipaksakan, cm membuat lo merasa diri lo yg paling bener.. harus realistis juga.. walah saya ikutan meracau seperti dirimu.. msh pagi nih.. mending mnm teh manis anget ^.^

 
Pada Jumat, Desember 19, 2008 , Blogger AHEAD mengatakan...

idealisme... itu..... gw pake saat diperlukan....
misal untuk menyelamatkan nyawa orang. selama ini saat itu aja sih gw pake...
selain itu....
well, ga janji. so, menurut gw idealisme itu di saat2 genting! hehehee!!!

 
Pada Senin, Desember 22, 2008 , Blogger alia pewe mengatakan...

gw taw ada dua paham yang berbenturan di sini, yaitu antara idealis dan realistis
kita ga bisa hanya berfokus dengan satu paham saja, tapi kita harus bisa menyeimbangkan antara keduanya
menurut gw idealis adalah satu kondisi di mana kita ingin agar terjadi sesuai dengan keinginan kita sendiri
kita mempertahankan apa yang sudah kita percaya, dan kita yakin kondisi itulah yang terbaik ( mnurut pandangan kita )

tapi menjadi idealis saja tidak cukup, karena ada hal2 yang ga bisa kita paksakan menjadi seperti keinginan kita
maka di saat itulah kita harus menjadi orang yang realistis terhadap keadaan

menjadi idealis itu penting, karena di sanalah kita menunjukkan kreativitas kita dalam menghadapi berbagai masalah
tapi ketika idealisme yang dipaksakan hanya menyulitkan kita, buat apa dipertahankan ?

 
Pada Selasa, Desember 23, 2008 , Blogger prima siregar mengatakan...

ntar ya.. dibaca dulu.. yang penting mampir dulu :)

 
Pada Selasa, Desember 23, 2008 , Blogger Kebun Sayur Alami di Samarinda mengatakan...

All About Samarinda

Menurutku idealisme itu intinya adalah kejujuran...
Kecil memang...tapi pada saat segala sesuatunya mudah dan mudah diraih, kita cenderung untuk 'berdusta' terhadap apapun...jadi kejujuran bisa diartikan sebagai idealisme puritan yang tetap utuh dan murni...tanpa tedeng apa pun dan sedikit pun!

 
Pada Kamis, April 23, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

gw kira gw bakal nemuin arti idealisme itu disini..
tp ternyata gak.
sbnrnya apa sih idealisme itu?
begitu byk orang yg blg menganut paham idealis, tp itu apa? kayaknya orang itu pun gak bisa ngejelasin saat kita tanya apa itu idealisme..

 
Pada Rabu, Mei 27, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

gw cm 1.menurut gw idealism it's not equal mith selfish!!

 
Pada Rabu, Mei 27, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

with maksudnya

 
Pada Selasa, April 05, 2011 , Blogger Z. Fahmi mengatakan...

ealah .. cari solusi malah ruwet ndiri.. ngopi ja bung..!!

 
Pada Sabtu, Oktober 29, 2011 , Anonymous Anonim mengatakan...

menurut gue, idealisme itu sesuatu yang engkau percayai dan seberapa besar tindakanmu untuk mempertahankannya.

 
Pada Sabtu, Januari 21, 2012 , Anonymous hary mengatakan...

artikel yang menarik...

 
Pada Rabu, Juni 13, 2012 , Anonymous Anonim mengatakan...

idealis itu ya gue, seorang yang mempertahankan pola pikirnya untuk suatu tjuan walau keadaan ga mendukung dengan apa yang dipikirin untuk mencapai tujuan itu..
berusaha menghindari kegagalan besarakibat pola pikir.
sebenarnya realstis & idealis itu bisa barengan.
karena dengan realita akan tercipta suatu idealisme atau sebaliknya, jadi idealisme dan realita merupakan sahabat yang saling membangun.

 
Pada Jumat, Januari 18, 2013 , Anonymous Anonim mengatakan...

wwoooww....memang banyak hal yng kadang tidak asing bagi kita, sring kita ucapkn, tp tak tau ap itu arti nya....mem beo lahh kra2.....lo mnurut gw ch sifat2 idealis itu ada, cuma jrang kita liat. namun sering kita dengar.....so idealis itu mrupakan pandangan hidupp yng bner2 ideal, dalam ibarat kta, saya mau pergi ke kota A dan hrus nyampai ke kota A......jdi tetappokus pada suatu tujuan,....bgitu jga dngan orang2 idealis, biasa nya pola pikir orang2 idealis, memiliki watak yang keras, . dan tetap pada prinsiiip nyA sndiri dan juga tidak pandang bulu apa lg dalam pekerjaan,....itulah yg membuat orang2 idealis itu bnyak yng sukses dmana2......thnxs slam knalll

 

Posting Komentar

Siapun boleh ngehina gw.Termasuk loe

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Siapa Sih Lo...
Foto Saya
Nama:
Lokasi: jakarta, jakarta selatan, Indonesia

Saya..Pemuda yang beranjak 17 tahun..Gak Percaya? Cek aja KTP saya...


Chat to me


Contact

E-mail :setyoprihadi@yahoo.com
FBGaptek
IM:Tyo_saksi@yahoo.com

 


Catatan Gw Yang Terbaru

Tyo dan Dunia Sekitarnya

Plurk Tyo



Hinalah Aku



Mampir-mampir juga ke
Aca Aja
Benazio
Boditea
Danang
My Boss
Adekezia
Bajay Gaul
Bani Teramat biasa
Cumi cungkring
Dimas gak keren
Kampung Bisnis
Ke Nezz
manusia Juli
Meisha
Marlina si Vanila
Mellovegood
Ms Dudul
Nia Collorfull
Raja Upil
Rival Blog
Anak Patung pancoran
Risa yang katanya Cadel
Ridu blog
si buntel
sumber bagi juve mania
Tomat pitak
dimas novri
Zeta blogcomic
zonanya Bociel
Ayu Hanafiah
Ika-hardy
Ipied Gokil
paams blog
popok bekas
Phiee Blog
smaragdina
Harry-dunia maya
angga angelina
Maroon sanctuary
Qempes makan pepes
dede fortinmart
Om Tando-wi-yahya
Mrs Anna blog
Slugger
Unni Hyori penguasa 4 bahasa
Boim LeBon
Puzzy
Orang Plinplan NRL
Nico Wijaya
Qyusha Ha..ha.ha
Roy Si Katak
Tante Nindya
T C
Raka Sunny
Mike
Amaterasu
Beruang Gila
Perih Cahaya
Aisha
Aluna kantong ajaib
Isma
Nia rama
The Amstrong
Ahead
Weni na aca
Elric Sister
presyprezl
ecangcut
chiee si wanita perkasa
Nana Blog
Gytha Cireng
Agrit
MAudi yg senang ditabok
Unee
Chal The Kotak surat man
Aii Imoet (yakin?)
Uchi Autish
BAniDotCom
Tante eucalyptus
The Pokari team
Sapi Bunting
Shabrina
Shiinn
The Pokari team
renal
Mas Antown
Lyn
Catatan Si Bebek
Raida Zona Teknologi
Adhini
FiZI
Maryah
dee Adp
ahmad kadalisme
The Story Of Adya
Natan natan
Alya Ajah
Catatan Kodok
Inda bukan Indah
Jovie
Baby Pianist
Shely Blog
Yuni Blog
Vian Blog
Shinta Lutung
Adhie132
Budiero
Kiki perempuan Iseng
Oktasihotang
Lyuth Blog
Alia Blog
Kita Blog Bali(adhi & Satria)
Mama Dio (gadis beranak satu)


Komen yang udah-udah
Ini adalah blog yang membuat anda menyesal datang ke sini