16 Agustus 2008

Kisrah kisruh Rokok







Gue udah hampir 4 tahun belakangan berhenti nge rokok, alasanya sih sederhana, DUIT GUE HABIS buat beli sebungkus rokok doang. Padahal dulu gue termasuk perokok berat, 2 bungkus bisa buat 1 hari (termasuk dikit untuk golongan pecandu rokok).

Pertama kali ngerokok itu seingat gue terjadi saat masih duduk di kelas 6 SD. Gara-garanya sh, teman-teman gue yang udah duluan ngerokok, selalu manas-manasin gue buat ngerokok, alasanya sih klise “ Kalo gak ngerokok gak gaul “, “ Kalo gak ngerokok gak jantan “, “ Kalo gak ngerokok kayak bencong “. Untuk alasan yang terakhir gue sadarin itu salah besar, setelah gue tahu bencong yang sering mangkal di perempatan dekat rumah gue JUGA NGEROKOK.

Saat ini, ada heboh-heboh berita tentang FATWA MUI tentang rokok itu haram. Mungkin bagi sebagian kalangan ini cuma angina lalu aja, atau sedikit bergumam “ Ah cuma fatwa kok “.

Tapi menurut gue ini penting banget. Pasalnya, saat ini ruang terbuka bagi yang tidak merokok sangat sempit sekali, coba cari tempat mana yang gak ada orang gak Ngerokok. Mulai dari terminal. Sampai tempat ibadah pasti penuh dengan orang yang ‘membakar’ uangnya tersebut. Gue sampai mikir, Indonesia ini kayak asbak terbesar di dunia.

Tapi, masalahnya adalah banyak orang ketakutan kalau Fatwa ini jadi dikeluarkan, maka banyak lapangan pekerjaan di tutup, pabrik rokok sudah tidak mampu beroperasi lagi karena omzet rokok menurun drastis.

Hello, come on!!. Sampai kapan kita harus bergantung pada akar lapuk terus ?, sekarang loe bayangin, hampir semua bagian di negara ini dibiayai oleh perusahan rokok tersebut, olahraga, pendidikan, seni, agama, Iptek. Dan semua pasti setuju apapun yang kita bangun dengan fondasi yang lemah, akan hancur dengan sendirinya.

Namun sayang, ternyata MUI sendiri tidak solid dalam mengeluarkan fatwa ini. Seperti yang terjadi di Kediri (yang notabenenya kota penghasil rokok) berikut ini, MUI di kota tersebut menolak Fatwa MUI pusat tentang rokok itu haram. Mereka berdalih bahwa rokok masih ke dalam kategori Makruh. Lah, padahal justru yang makruh itu sebaiiikkknnyyyaaa ditinggalkan, karena jelas sifatnya berbahaya, dan membuat kecanduan.

Samalah kayak misalnya bapak kita yang alergi sama jeroan, karena kalo dia makan, akan menimbulkan penyakit. Begitu juga dengan Rokok, jika kita memakainnya akan menimbulkan penyakit.

Pada akhirnya semua kembali ke kita juga sih, gimana mau menyikapinya. Toh, Fatwa ini cuma anjuran, mau diikuti ya monggo, enggak ya kebangetan.

Hah sudahlah, kok jadi merancau gini. 

Label: ,

40 Komentar:
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger apriany mengatakan...

huahh,,, ternyata bukan perokok... keren!!

pertahankan yaa!!
*mampus banged gaya gue
hahaha..

yeah.. buad apa sii ngerokok?
hehe

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger nugraha adi putra mengatakan...

Top banget deh.....
mustahil juga kalo kita terus menggantungkan hidup sebuah negara dengan "rokok"..

kalo emang harus mencari keuntungan..?? knapa harus lewat jalan yang merugikan negara kita sendiri kan..??

gw pribadi benci baget ama perokok.. sory bagi yang tersinggung.. tapi gw ingetin bagi loe yang ngerasa merokok.. Stop...!!

merokok justru merugikan diri sendiri..
gw jamin itu..

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger Shintung mengatakan...

rokok itu..
menurut gw gak guna..

dan gw slalu mengutuk org2 yang ngerokok d dket gw..
bau!

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , OpenID paams.com mengatakan...

rokok itu... udah pernah gw coba, dan memang menurut gw gak punya guna.

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , OpenID budiernanto mengatakan...

rokok itu sugesti, gw kadang2 ngeroko kalo ga pengen ya ngga. dan kalo gw pikir MUI kok gitu? bukannya udah dari sononya kalo ngerokok itu makruh hukumnya, aneh?!

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Anonymous dondanang mengatakan...

keknya ini sambungan dari postingan gue

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger apriany mengatakan...

nyebelin banged kalo ada yang ngeroko di samping saya!!

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger faizz mengatakan...

gue gak maau koment masalah fatwa haram itu. idup orang euy...
aniwei gue juga udah lama gak ngerokok. pertama karena gue kemarin sakit, jadi kapok. kedua ngabis2in duit, ketiga nyokap gue sedih banget ngelihat gue yang tadinya bukan perokok tiba-tiba jadi ngerokok. so....daripada tar gue dikutuk jadi pacarnya dian sastro. mending gue berenti ngerokok. bukan apa-apa pacran sama dian sastro tar gue gak kuat beliin dia bedak dan lipstik, hahahahahahaha.....

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Anonymous tyo mengatakan...

hmmmm...gw setuju aja klo yang namanya rokok tuh haram, karna gue suka nyesek kalo nelen asap rokok, tapi gue jg nggak setuju karna ngerokok tuh hak tiap manusia (kok plin-plan sech!!!). binggung ya....

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger D'QueEn OF Keripik Nangka . mengatakan...

weheheheeee... Fatwa itu bener gak sihhh????
wahahaaa... agak nge bingungin juga cii..
kalo fatwa itu beneran ada n dikeluarin , so pasti makin bnyak pengangguran... palagi pabrik rokok udah banyak ngebiayain macem2 di negara kita.
tapi kl ga ada larangan kyk gt....
makin cepet aja gue mati ngisep asep rokok dari sana-sini.
hehehee

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , OpenID hellgalicious mengatakan...

mending ngupiL daripada ngerokok..

setubuh gag?

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger Maudi mengatakan...

kalo gitu makan permen mint aja. rasanya sama2 plong kok. ibu saya begitu bhuehehe

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Blogger Lynn Carasell mengatakan...

wew ngerokok pas kelas 6 sd?
iya nih, indo terlalu bergantung pada rokok.
*teringat epl dulu yg disponsori oleh rokok*

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Anonymous Achiee mengatakan...

Yayaya..

Gw stuju tuh.. Ngerokok emg hak masing2 individu..

Cape jg lama2 ngusir2in org2 yg ngerokok dket gw.. Cape jg pura2 batuk tiap ada yg ngerokok dket gw..

Gw hanya pgn minta tolong bwt para perokok.. Tolong yah mas2, bpk2, kakek2, mba2, ibu2, sapa aja yg ngerokok.. Tolong kalo mo cepet2 mati jangan ajak2 gw.. Gw yg sama sekali ga ngeroko ini masi pengen liat pemandangan yg indah.. Asep kalian tuh ngebunuh gw perlahan tau ga..

Sadarlah kau wahai manusia..

MERDEKA!!! :D

 
Pada Sabtu, Agustus 16, 2008 , Anonymous ridu mengatakan...

untungnya gw gak ngerokok.. selain bisa menghemat, gw juga gak perlu pusing dengan kontroversi fatwa mui itu

 
Pada Minggu, Agustus 17, 2008 , Blogger mellovegood mengatakan...

semoga rokok diharamkan. gue benci banget adanya perokok. kecanduan. akibatnya banyak anak sekolahan yang sok gaya dengan merokok padahal keliahatan bodoh actually. sedih liatnya ;];(

 
Pada Minggu, Agustus 17, 2008 , Anonymous kris mengatakan...

Gua kadang suka heran aja sama perokok. Kok mau-maunya ya duit dibakarin? Kok mau-maunya ya ngebolongin paru-parunya sendiri? Kok tega-teganya ya ngeganggu orang yang ada disekitarnya?

Mulai sekarang satukan kata untuk bilang tidak pada rokok!

Btw, lo bener mulai ngerokok sejak kelas 6 SD?

 
Pada Minggu, Agustus 17, 2008 , Blogger Benazio R.P mengatakan...

ya ampun ternyata tyo .. dulu perokok .. hueeeehhh serem ahahaa ..

yaah bencong, bencong aja ngerokok, berarti yang ngerokok bencong dongggg weeeeeeeeee :PP

 
Pada Minggu, Agustus 17, 2008 , Blogger presy__L mengatakan...

yg beginian ni baru cowo keren menurut gw..
cieh cieh seneng tuh.. *ngomong keren terpaksa*
eh gile..SD dimana tuh yg anak kls 6 SD ngajakin ngerokok ?? ck.ck.ck gw dan temen2 gw aja kayanya waktu SD sangat lugu sekali..tak kenal rokok

 
Pada Minggu, Agustus 17, 2008 , Anonymous Awan_cLIcK3rz mengatakan...

setuju BOS, roko sekali HARAM tetap HARAm

eh ko ngehina seeh,
kata2 edit lagi dunkz
terlalu slengean tuh


::nene bilang itu berbahaya::

-cHao-

 
Pada Senin, Agustus 18, 2008 , Blogger Bani Biasa mengatakan...

ayo hindari rokok, mending ngebloga aja

 
Pada Senin, Agustus 18, 2008 , Blogger Smaragdina mengatakan...

kalo masalah bikkin fatwa haram waduh kayanya gemana getuh ya yok? abis kalo bicara ijtihad tentu ulama paling tau baik buruknya dan udah pertimbangan sana-sini, mungkin tahap awal nya bisa menaikkan pajak rokok dulu kali yah, mengingat banyak yang hidupnya tergantung dari usaha rokok itu. kalo bisa-dan pasti bisa- pajaknya jadikan 50 persen keatas, pasti banyak yang setidaknya mikir dua kali untuk beli rokok yang nanti bisa jadi harganya lebih mahal dibanding BBM dan sembako. Gitu kalo kata gw sih yok

 
Pada Senin, Agustus 18, 2008 , Blogger AHEAD mengatakan...

masalah halal haram, wuh... entahlah, gw lebih suka jadi abu-abu.. hehehe!!! peace.

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , Blogger nrl mengatakan...

ah, gak suka rokok.
asepnya bikin rambut bau, apalagi kalo abis krimbat,
pingin ngegaplok aja bawaannya sama orang yang lagi merokok itu.

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , Blogger dee mengatakan...

wih hebad tyo bs berhenti ngerokok..
padahal, itu ga gampang loh.. btw, cowo yg ga ngerokok juga tetep jantan kok. sebaliknya cowo yg "ngondek" sambil ngerokok teteup aja keliatan kemayu :D

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , Anonymous aDhiNi mengatakan...

bencong juga ngerokok yah?? hehehe

emang sebaiknya ditinggalkan, udah masuk makruh malah ada sebagian ulama yg bilang itu udah masuk haram juga.

huhh.. jadi sedih :( papaku masih aja ngerokok!

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , Blogger diana bochiel mengatakan...

weh...tumben postnya beginian...
hmm iya baru sadar klo om tyo gag ngerokok..pantes ga pernah liat..eh..jd beneran gag si haram...?

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , OpenID hellgalicious mengatakan...

no smoking ajje deh,,,,

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , Blogger beyit poenya mengatakan...

gw setuju, kalo kebiasaan merokok itu dihentikan, secara gitu kagak ada untungnya, yang ada cuma ruginya udah uang habis kesehatan terancam n yang pasti peluang untuk cepat mati lebih besar hahahahaha *ketawa syethan"

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , Blogger Kristina Dian Safitry mengatakan...

sekarang dah bisa bukin gedung tingkat sepuluh khan setelah berhenti meroko?he..he...

 
Pada Selasa, Agustus 19, 2008 , Blogger nindya mengatakan...

Bagus tuh berhenti ngerokok.... BTW aku sering sebel liat org ngerokok sembarang tempat en asapnya dikasih orang lain, harusnya isap rokoknya, isap juga asapnya jgn sampe kena orang...:p

 
Pada Rabu, Agustus 20, 2008 , Blogger ucii AUTISH mengatakan...

hidup anti rokok !
salut sama eyang, pertahankan ya!
Uci benci sama orang ngerokok, jahat! mati kok ngajak2 :(

 
Pada Rabu, Agustus 20, 2008 , Anonymous monyetgaul mengatakan...

sayah 500% benci rokok... terutama asepnya (yaiyalah yg ganggu kan itu)
aku sih ga mendukung rokok itu haram tapi kalo mau ngerokok harus diruang sendiri..
ganggu aja...

 
Pada Rabu, Agustus 20, 2008 , Blogger alia pewe mengatakan...

gw ga masalah sama perokok
asal dia ngerokok sambil make helm jadi asep yg dia keluarin dia hirup aja sendiri

:P

mau bagi2 tapi koq asep sih
mbok daripada bagi2 asep, mending duit bwat beli rokoknya dkasi ke gw ajah, ahiahiahia

 
Pada Rabu, Agustus 20, 2008 , Blogger Antown mengatakan...

dadi boloku sing gak ngerokok hehehe

 
Pada Rabu, Agustus 20, 2008 , Anonymous TopiQue mengatakan...

gw sebagai perokok sebenernya gak nanggepin amat sih tentang fatwa ini.. klo kata temen gw sih "100% non-smoker bakal mati, begitu juga para smoker"..

gak bisa juga dibilang klo perokok bakal mati duluan, karena para non-perokok juga gk bisa dibilang bakal mati belakangan. semua tuhan yang ngatur..

gw gk peduli kapan, dimana, dan bagaimana gw bakal mati. karena semua manusia emang dah hakikatya untuk meninggalkan dunia ini suatu saat..

peace bro.. sorry for my subjective comment :)

 
Pada Rabu, Agustus 20, 2008 , Anonymous TopiQue mengatakan...

oiya,, satu lagi.. camkan omongan gw..

"Gw gk pernah ngerokok di depan orang. gw pasti menyingkir, kecuali kita sama2 perokok"

Bitchslap me if i was wrong !!!

cheers..

 
Pada Rabu, Agustus 27, 2008 , Anonymous BeruangGila mengatakan...

Merokok tu gak haram!
Pernah denger orang sakau gara2 ngerokok?
Pernah liat orang sempoyongan gara2 ngerokok?

I LOVE KEDIRI!!!!!!*Kangen kampung halaman!!!

 
Pada Rabu, September 03, 2008 , Anonymous kita mengatakan...

hahaha..ngerokok..gimana ya???

kita gak ngerokok sih..kata dosen aku sih ngerokok ituh mahal..coba aja duit rokok ituh dikumpulin,,mungkin bisa beli mobil..hehe

 
Pada Jumat, September 12, 2008 , Anonymous ipied mengatakan...

udah lama gak baca tulisan tyo, lama2 jadi makin suka dengan tulisanya, mulai enak di baca dan menarik (menurutku..)hehehe...

merokok ato gak itu kan pilihan, dan saya gak masalah harus berteman dg perokok ato tidak hehe, cuma menurut saya aktivitas merokok itu seksi, seksi cuma untuk dilihat...heheheheh

 

Posting Komentar

Siapun boleh ngehina gw.Termasuk loe

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Siapa Sih Lo...
Foto Saya
Nama:
Lokasi: jakarta, jakarta selatan, Indonesia

Saya..Pemuda yang beranjak 17 tahun..Gak Percaya? Cek aja KTP saya...


Chat to me


Contact

E-mail :setyoprihadi@yahoo.com
FBGaptek
IM:Tyo_saksi@yahoo.com

 


Catatan Gw Yang Terbaru

Tyo dan Dunia Sekitarnya

Plurk Tyo



Hinalah Aku



Mampir-mampir juga ke
Aca Aja
Benazio
Boditea
Danang
My Boss
Adekezia
Bajay Gaul
Bani Teramat biasa
Cumi cungkring
Dimas gak keren
Kampung Bisnis
Ke Nezz
manusia Juli
Meisha
Marlina si Vanila
Mellovegood
Ms Dudul
Nia Collorfull
Raja Upil
Rival Blog
Anak Patung pancoran
Risa yang katanya Cadel
Ridu blog
si buntel
sumber bagi juve mania
Tomat pitak
dimas novri
Zeta blogcomic
zonanya Bociel
Ayu Hanafiah
Ika-hardy
Ipied Gokil
paams blog
popok bekas
Phiee Blog
smaragdina
Harry-dunia maya
angga angelina
Maroon sanctuary
Qempes makan pepes
dede fortinmart
Om Tando-wi-yahya
Mrs Anna blog
Slugger
Unni Hyori penguasa 4 bahasa
Boim LeBon
Puzzy
Orang Plinplan NRL
Nico Wijaya
Qyusha Ha..ha.ha
Roy Si Katak
Tante Nindya
T C
Raka Sunny
Mike
Amaterasu
Beruang Gila
Perih Cahaya
Aisha
Aluna kantong ajaib
Isma
Nia rama
The Amstrong
Ahead
Weni na aca
Elric Sister
presyprezl
ecangcut
chiee si wanita perkasa
Nana Blog
Gytha Cireng
Agrit
MAudi yg senang ditabok
Unee
Chal The Kotak surat man
Aii Imoet (yakin?)
Uchi Autish
BAniDotCom
Tante eucalyptus
The Pokari team
Sapi Bunting
Shabrina
Shiinn
The Pokari team
renal
Mas Antown
Lyn
Catatan Si Bebek
Raida Zona Teknologi
Adhini
FiZI
Maryah
dee Adp
ahmad kadalisme
The Story Of Adya
Natan natan
Alya Ajah
Catatan Kodok
Inda bukan Indah
Jovie
Baby Pianist
Shely Blog
Yuni Blog
Vian Blog
Shinta Lutung
Adhie132
Budiero
Kiki perempuan Iseng
Oktasihotang
Lyuth Blog
Alia Blog
Kita Blog Bali(adhi & Satria)
Mama Dio (gadis beranak satu)


Komen yang udah-udah
Ini adalah blog yang membuat anda menyesal datang ke sini